POST DETAIL

Rabu, 25 Januari 2012 - 15:00

Tumbuhnya Rude Boy Akibat dari Politik yang Tak Menentu

Seruu.com - Rude Boy, Rude Bwoy, Rudie, Rudi atau Rudy adalah istilah umum yang digunakan di Jamaika. Pada tahun 1960 istilah tersebut juga digunakan sebagai istilah untuk sebagian besar anak muda atau anak-anak nakal yang terlibat dalam budaya jalanan yang mirip dengan yang dilakukan oleh para gangster ataupun penjahat di Jamaika.

Rude Boy, Rude Bwoy, Rudie, Rudi atau Rudy adalah istilah umum yang digunakan di Jamaika. Pada tahun 1960 istilah tersebut juga digunakan sebagai istilah untuk sebagian besar anak muda atau anak-anak nakal yang terlibat dalam budaya jalanan yang mirip dengan yang dilakukan oleh para gangster ataupun penjahat di Jamaika.

Istilah rude boy di tahun 1950-an dikaitkan dengan sebuah daerah miskin di luar kota Kingston Jamaika, yang disebut Trenchtown. Di mana Ska dan Rocksteady adalah musik yang paling populer saat itu. Mereka juga mengembangkan konsep musik terbaru yang disebut Dancehalls yang berkembang di jalanan.

Banyak dari rude boy ini yang mulai mengenakan jas, dasi dan topi trilby, terinspirasi oleh film gangster Amerika dan musisi Jazz dan Soul New Orleans.

Sedangkan dalam sikap dan gaya hidup, rude boy terinspirasi oleh cowboy-cowboy Amerika. Yang pada akhirnya mempengaruhi tumbuhnya tindak kekerasan di jalan-jalan kota dan selanjutnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup rude boy. Pada akhirnya tumbuh dan berkembanglah budaya kekerasan dengan tumbuhnya gangster-gangster politik di Jamaika.

Pergeseran ke arah kekerasan menyebabkan beberapa musisi Jamaika menciptakan lagu yang berbicara langsung terhadap keadaan ini dan mendesak mereka untuk mengurangi kekerasan tersebut. Dimulai pada 1960-an, musik Jamaika dancehall adalah cara untuk mereka mengekspresikan pandangan mereka tentang kejadian dan peristiwa yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat Jamaika.

Di tahun yang sama, Peter Tosh, Bob Marley dan Bunny Livingston (Bunny Wailer) yang merupakan beberapa orang dari pentolan rude boy di Jamaika membentuk sebuah band dengan nama The Wailing Wailers. [googlebook/a.h.khalidi]

 

MOST POPULAR