POST DETAIL

Jumat, 4 Mei 2012 - 14:36

Iklan 'Dating' Ashton Kutcher Dicabut Tayangannya Karena Dikecam Rasis

Los Angeles, Seruu.com - Iklan Popchips terbaru Ashton Kutcher mendapat kecaman karena terlalu terkesan rasisme. Padahal iklan tersebut dimaksudkan hanya untuk lucu-lucuan saja. Tapi dengan cepat dihentikan tayangannya dan permintaan maaf telah diberikan dari pihak Popchips setelah reaksi suram dari orang Amerika Indian.

Pada sebagian cuplikan iklan, Ashton memainkan "Raj", seorang produser Bollywood, lengkap dengan riasan brownface (wajah coklat) dan aksen India berat yang dilakukannya. Dan karena protes tersebut, kini iklan tersebut telah dihilangkan dari situs Popchips dan saluran online lainnya di tengah kecaman bahwa itu adalah rasis. Hal ini dilansir dari laporan The New York Times.

Kritik paling pedas datang dari Anil Dash, pengusaha teknologi. "Saya tidak bisa membayangkan, aku harus menjelaskan ini kepada siapa pun di tahun 2012, tetapi jika menemukan diri Anda menggunakan makeup coklat pada orang kulit putih di tahun 2012 sehingga mereka dapat melakukan aksen 'lucu' tapi sangat buruk untuk menjual 'keripik kentang', Anda berada di jalan yang salah," tulisnya di websitenya.

Aktor Two and a Half Men, ini belum menanggapi kontroversi tersebut. Tapi Keith Belling, pendiri dan CEO Popchips, memposting pesan berikut di situs web perusahaan: "Kami menerima umpan balik banyak tentang parodi kampanye 'dating' yang kami luncurkan hari ini dan menghargai semua orang yang meluangkan waktu untuk berbagi sudut pandang mereka. Sulit untuk membuat parodi periang menampilkan berbagai karakter yang dimaksudkan untuk memberikan tawa beberapa kali. Kami tidak bermaksud untuk menyinggung siapapun, saya bertanggung jawab penuh dan meminta maaf kepada siapa pun yang kami singgung," ucapnya.

"Popchips baru di seluruh dunia merupakan kencan parodi yang menampilkan empat karakter diciptakan untuk memancing tawa sedikit dan tidak pernah dimaksudkan untuk stereotip atau menyinggung siapapun. Pada Popchips yang kami terima semua dalam jenis, bentuk, rasa dan warna, dan menghargai semua Snackers, tidak peduli ras atau etnis. Kami berharap orang dapat menikmati ini dengan pesan yang dimaksudkan dalam iklan tersebut," tambahnya menjelaskan.

Seri video parodi iklan 'Dating', dalam adegan lain, Kutcher memerankan seorang diva, seorang hippie dan bikers. Kutcher disini bernama "Presiden kebudayaan pop" untuk Popchips pada tahun 2010, dan bekerja pada iklan dengan agen iklan Zambezi di Los Angeles. [fps]

MOST POPULAR