POST DETAIL

Jumat, 2 September 2016 - 14:11

Manfaat Berenang Bagi Anak

anak berenangMataWanita.com – Dalam mengajarkan anak berenang sudah menjadi trend di kalangan masyarakat modern saat ini. Mungkin Kamu juga salah satu dari mereka yang ingin mengenalkan dunia air pada buah hati. Jika benar, maka pahami dulu beberapa manfaatnya agar Kamu yakin bahwa pilihanmu mengajarkan berenang pada anak itu sudah tepat. 

Lalu, apa saja manfaat berenang untuk anak?

Aman atau tidaknya seorang anak berenang tergantung pada usia anak tersebut. Jika balita diajari berenang, mungkin sudah bisa diawasi dengan baik karena mereka bisa menyeimbangkan tubuhnya sendiri, tapi bagaimana jika bayi yang berenang? Apakah aman? Kalau dibiarkan berenang sendiri, tentu saja tidak aman.

Bayi harus ditemani orangtua saat berenang dari awal hingga akhir. Kolam renang untuk bayi juga harus sesuai dengan postur dan usianya. Biasanya kolam renang bayi dibuat khusus untuk mereka dengan air yang hangat. Jadi sembari berenang dan bermain air si kecil bisa berelaksasi di dalam air.

Jika memang membiarkan anak berenang bahkan bayi berenang benar-benar aman, lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Salah satu keuntungan mengajarkan anak berenang adalah melatih keseimbangan serta otot. Saat berada di dalam air, si kecil dapat menggerak-gerakkan tangan dan kakinya sehingga secara tidak langsung ototnya pun terlatih.

Selain itu, air hangat dapat membuat bayi rileks dan merasa nyaman yang pada akhirnya nafsu makan si kecil pun bisa meningkat. Mengajarkan anak berenang sejak masih bayi dapat menghindarkan mereka dari rasa takut terhadap air saat mereka beranjak dewasa. Akan tetapi, lamanya waktu berenang anak juga harus diperhatikan. Bayi dibawah satu tahun tidak perlu berenang lama-lama.

Cukup ajari berenang sebentar saja kemudian segera keringkan badannya dengan handuk jika sudah selesai. Semakin dewasa, anak bisa bertahan semakin lama di dalam air. Jadi pastikan bahwa si kecil tidak berada terlalu lama berendam di air agar tidak merasa kedinginan.

Selain itu, kondisi buah hati juga harus diperhatikan sebelum diajak berenang. Kondisi tubuh dan kesehatan bayi berbeda-beda satu sama lain. Konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengajak buah hati bersenang-senang di air. (km)

 

 

MOST POPULAR