POST DETAIL

Selasa, 6 September 2016 - 16:48

Yuk Sejak Dini Tanamkan Karakter Disiplin Pada Anak

illustrasiMataWanita.com- Menanamkan karakter disiplin akan mempengaruhi perkembangan si kecil sampai ia dewasa? Makanya, bagaimana menguatkan karakter tersebut akan sangat bergantung pada pola asuh sejak masih kecil. Nah, agar si kecil memiliki karakter disiplin, Berikut adalah tips untuk menanamkan kedisiplinan untuk anak usia dini:

Memberikan pilihan terbatas sesuai dengan usia mereka

Bersikap jelas dan konsisten dalam memberikan batasan kepada anak. Misalnya tetapkan waktu belajar dan bermain anak. Sebaiknya seluruh anggota keluarga mengetahui aturan yang telah dibuat.

Ekspresikan cinta orang tua setiap hari

Sesibuk-sibuknya orang tua sempatkanlah untuk berkumpul bersama anak. Tunjukkanlah cinta kepada mereka. Entah itu hanya lewat kata atau perilaku anak akan merasa senang dan akan menuruti peraturan yang orang tua buat.

Pujilah anak

Seorang anak akan merasa senang bila dipuji, apalagi oleh orang tuanya sendiri. Berikan reward yang positif kepada anak atas prestasi yang diberikan. Hal tersebut akan memotivasi anak untuk melakukan sesuatu dengan baik.

Ciptakan rasa aman

Ciptakan rasa aman pada anak selama berada di sekitar orang tua.

Berilah contoh yang baik

Anak akan senantiasa meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka. maka sebaiknya orang tua lebih berhati-hati dalam bersikap, berilah contoh yang baik untuk anak.

Membuat kesepakatan dengan anak

Seperti membahas masalah dan memutuskan aturan bersama sebelum menyampaikan agar anak tidak bingung dengan aturan yang dibuat. Biasanya jika anak tidak mendapatkan kelonggaran dari ayah maka anak akan berali pada ibunya untuk mendapat dispensasi. (km)


 

MOST POPULAR